Assets and Liability Management (ALMA)

Posted: April 17, 2008 in Perbankan

Dunia perbankan Indonesia semakin menghadapi banyak tantangan, terutama menghadapi pasar global. Didalam melaksanakan bisnis, perbankan Indonesia akan dihadapkan kepada masalah-masalah ketidakpastian seperti tingkat bunga, nilai tukar, harga minyak mentah dunia, dll, yang berkaitan dengan kompetisi dalam berbagai macam bidang khususnya perbankan. Bisinis perbankan tidak lain adalah usaha dibidang jasa, dengan artian manajemen mampu untuk menghimpun dana sebanyak mungkin dengan tingkat biaya serendah mungkin, mengelola sedemikian rupa, untuk disalurkan kembali ke masyarakat atau kedalam bentuk aktiva produktif, baik dalam bentuk pinjaman kepada pihak ketiga (bank lain-red) maupun penyertaan. Keberhasilan manajemen sebuah bank akan sangat ditentukan oleh kebijaksanaan manajemen dalam mengatur penyeberan portofolio disisi Asset guna untuk menghasilkan pendapatan bunga (Interest Income).

Dana dari sumbernya dapat dibedakan antara dana ekstern (dana dari luar bank) dan dari intern (dana dari dalam bank) :

1. Dana Pihak Kesatu (dana yang berasal dari modal sendiri yang berasal dari para pemegang saham).

2. Dana Pihak Kedua ( dana yang berasal dari pinjaman dari luar).

3. Dana Pihak Ketiga (dana yang berasal dari simpanan masyarakat).

Sebelum saya melangkah lebih jauh pada materi mengenai Asset dan Liability Management, maka perlu mengenal lebih dahulu laporan keuangan suatu bank. Pada Umumnya mempunyai kelompok modal dan hutang baik berupa tagihan maupun harta lancar. Sesuai dengan tujuan penggunaannya maka aset bank umumnya terdiri dari (kas, giro pada bank indonesia, giro pada bank lain, penempatan pada bank lain, surat berharga, kredit yang diberikan, penyertaan, aktiva tetap & rupa-rupa aktiva). Sedangkan dari sisi liabilitiesnya terdiri dari 3 kolompok besar yaitu dana pihak ketiga (giro, tabungan, deposito, sertifikat deposito kewajiban segera lainnya), dan dana pihak kedua dari instrumen surat-surat berharga < 1 tahun (instrumen money market) dan instrumen > 1 tahun (instumen pasar modal – obligasi), serta dana pihak pertama yang berasal dari pemilik berupa modal.

Asset and liability management (ALMA) pada dasarnya adalah suatu prose perencanaan, pengorganisasian, pengaturan dan pengawasan untuk mendapatkan penetapan kebijaksanaan di bidang pengelolaan :

1. Permodalan (equity).

2. Penghimpunan Dana (funding).

3. Penggunaan dana (asset)

Dimana diantara ketiga diatas saling keterkaitan untuk mencapai tingkat laba yang optimal dengan tingkat risiko yang telah diperhitungkan.

Tujuan dari dari ALMA yang dilakukan oleh setiap bank umum mencakup hal-hal untuk menjaga pertumbuhan bank yang wajar, pendapatan yang maksimal, menjaga likuiditas yang memadai, mebentuk cadangan untuk berjaga-jaga atas hal-hal tertentu, memelihar dana masyarakat yang dipercayakan melalui kegiatan bank yang wajar, dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kredit.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sebuah bank untuk dapat menerapkan prinsip ALMA ini, hal tersebut didorong oleh hal sebagai berikut :

1. adanya deregulasi sektor perbankan di sebagian besar negara didunia.

2. fluktuasi suku bunga dan nilai tukar telah mendorong timbulnya teknik baru untuk meminimalisir risiko bunga.

3. Sikap para investor semakin kritis.

4. berkembangnya teori tentang corporate finance.

5. meningkatnya kebutuhan modal.

6. tingkat persaingan yang semakin tinggi.

Selain faktor-faktor yang mendorong juga adanya hambatan-hambatan dalam melakukan ALMA, hal ini sejalan dengan kondisi perdagangan dan persaingan global yang terjadi saat ini, sehingga dapat menimbulkan adanya :

1.perubahan konsisi internasional (harga minyak mentah dunia, krisis mortage di us).

2. volatilenya tingkat bunga

Comments
  1. ewina says:

    Ya… baguslah…sukses selalu ya..dek

  2. avartara says:

    yups,..mantap,..welcome didunia Blogger,..eits jangan lupa gabung ma Palanta kumpulan blogger rang minang,….klik aja di http://www.palanta.org,…..ntar di add ya

  3. ewina says:

    bagussssssss!!!!!!!!!!!!!!!!

  4. anie says:

    bagus juga,, aku mau dunk minta informasi lainnya tentang ALMA bank,, soalnya ku mau ngerjain skripsi tenteng ALMA BANK saat financial crises,, mohon bantuannya yah,, thx u,,, oh ya ada YM ga? YM ku girly_anie…

  5. menejer alma says:

    thanks bro…
    akhirnya saya bisa nyelesain tugas kul juga nih,hhe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s