PADANG (kujaga dan kubela)

Posted: April 18, 2008 in padang tacinto

Kota Padang dikenal berupa kampung nelayan dengan sebutan Kampung Batung dengan sistem pemerintahan Nagari yang diperintah oleh Penghulu Delapan Suku. Pada tahun 1667 VOC lewat penghulu terkemuka “Orang Kayo Kaciak” dapat izin mendirikan Loji pertama. Daerah Batang Arau dijadikan sebagai daerah pelabuhan, yang merupakan titik awal pertumbuhan kota Padang. Kota Padang tidak hanya berfungsi sebagai kota pelabuhan tapi juga kota perdagangan. Pelabuhan tersebut terkenal dengan nama Pelabuhan Muaro.

Geografis. Kota padang yang terdiri pergunungan, dataran dan pantai yang potensial dijadikan pusat pariwisata. Terdapatnya pelabuhan teluk bayur, bandara international bim, terminal regional menjadikan kota padang sebagai pintu gerbang sumatera barat sekaligus sebagai sarana pendukung sektor perdagangan dan industri khususnya kegiatan ekspor dan impor. Memiliki sarana perdagangan khususnya 16 pasar yang dapat dikembangkan bagi kegiatan usha sekala kecil menengah dan besar. Memiliki kawasan  industri yang mendukung kegiatan investasi dibidang industri dengan dukungan  bahan baku dari daerah sekitarnya.  Kota padang dialiri oleh    5 sungai besar, yang potensial dikembangkan usaha ekonomi sumber daya air. Memiliki garis pantai 68,13 km dan memiliki kewenangan pengelolaan laut seluas 305,04 km? Yang berpotensi dikembangkan usaha ekonomi bidang kelautan. Posisi  letak strategis di sentral pulau sumatera mendukung sektor perhubungan antar daerah maupun hubungan internasional memiliki lahan pertanian yang dapat dijadikan mendukung sektor perdagangan dan industri.

”PADANG KUJAGA DAN KUBELA” itu merupakan slogan kota Padang yang sangat terkenal di Indonesia. Oleh karena itu mari kita bersama-sama meningkatkan citra kota Padang dimata kota-kota lainnya di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s