cagar budaya (alam)

Posted: August 20, 2008 in padang tacinto

Pantai Padang – Pantai Padang berada  di belahan barat Kota Padang, tepatnya di sepanjang jalan Samudera dan merupakan bagian tepi dari Samudera Hindia. Disini kita dapat bersantai menikmati keindahan pemandangan laut, matahari terbenam, kenyaman udara laut, atau berolah raga. Disepanjang pantai tersedia fasilitas hotel, restoran, bangku-bangku dan payung-payung tatap pantai, toilet umum, mushalla atau warung-warung makanan yang menjual masakan Padang, penganan khas rujak, telur penyu, jagung bakar, dan pisang goreng. Di pantai ini sering diselenggarakan acara seni budaya dan keramaian lainnya. Seharian beraktifitas alangkah lebih baiknya dicoba untuk bersantai sejenak di Pantai Padang. Buat kamu-kamu yang suka akan keindahan laut dan pantainya rugi kalau tidak pernah datang kesini.

Gunung Padang – Gunung Padang Berada di muara Sungai (Batang) Arau dan dapat dicapai dengan melewati Jembatan Siti Nurbaya atau dengan menaiki perahu menyeberangi sungai. Di kaki Gunung Padang ini terdapat meriam peninggalan Perang Dunia II yang diarahkan ke muara sungai. Untuk menuju ke puncak, pengunjung dapat melewati jalan setapak yang bertangga-tangga hingga akhirnya sampai di lokasi Taman Makam Siti Nurbaya. Di puncak Gunung Padang ini ditemui pula beberapa lobang tempat persembunyian dan pengintaian (bunker) peninggalan tentara Jepang. Dari puncak ini pengunjung dapat menikmati keindahan panorama Samudera Hindia, Sungai Batang Arau, dan Kota Padang. Gunung Padang dapat juga dilihat disepanjang pantai Padang dan Jembatan Siti Nurbaya.

Pantai Air Manis – Pantai Air Manis terletak +/- 11 km arah ke selatan Kota Padang atau tepatnya di balik Gunung Padang. Pantai Air Manis mempunyai pasir coklat ke putih-putihan, luas dan landai, pada waktu pasang surut, Pulau Pisang Ketek + 150 m yang berada di depannya dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Pantai ini sangat popular  dengan legenda Batu Malin Kundang berupa batu yang berbentuk puing-puing kapal yang disumpahi sang ibu karena durhaka padanya.  Tersedia fasilitas wisata berupa pintu gerbang, tempat parkir, jalan lingkar pantai, payung tatap pantai, warung makanan dan kerajinan laut, penginapan,  kamar bilas dan Mushalla. Pantai Air Manis sangat cocok untuk piknik, bermain ombak, surfing, camping serta menyaksikan  dari dekat legenda Batu Malin Kundang. Untuk menuju ke lokasi obyek dapat menggunakan angkot atau dengan taxi. Menyusuri Gunung Padang melewati jalan setapak akan mengantarkan anda sampai di pantai ini. Pokoknya pantai-pantai tidak kalah dari Pantai Bali deh…cuman kurang dikenal aja, makanya disini saya mencoba memperkenalkannya…oh yach melihat matahari terbenam disini juga bagus dan indah.

Pantai Pasir Jambak – Pantai Pasir Jambak begitulah  warga Padang menyebut salah satu pantai yang mempunyai pasir putih dan ditumbuhi pohon-pohon kelapa. Terletak 19 Km dari pusat kota arah ke utara melalui jalan raya Padang-Bukittinggi, pada Km ke 14 berbelok ke kiri menuju ke pantai Pasir Jambak. Fasilitas wisata yang tersedia berupa pintu gerbang, tempat parkir, panggung hiburan, warung makanan, home-stay, gazebo, dan penyewaan perahu. Sangat cocok untuk berjemur, berenang, berperahu, bersantai, atau menyaksikan matahari terbenam. Dapat dicapai dengan angkot, bis kota atau taxi atau bisa jadi kalau berjalan kaki (jika mau..). Pada sore hari banyak pasangan muda mudi yang menikmati pemandangan laut sore hari sambil berikrar saling setia satu sama lainnya. Jadi buat kamu-kamu yang pingin merasakan keindahan alam di Kota Padang, maka ngak rugi kalau datang ke Pasir Jambak ini. Biasanya para mahasiswa (tapi mungkin sebagian yach) suka bikin acara disini. Pantainya bersih ditambah banyaknya pohon-pohon kelapa.

Comments
  1. esa says:

    heuheu..indah. Kebayang indahnya. Semoga bisa kesana..

  2. bearnuts says:

    iks… sayang pantai padang sering kotor gara-gara sampah yang dibuang pedagang di sepanjang pantai, ditambah sampah-sampah yang dibawa arus. memang sudah sering dibersihin, tapi abis itu pasti numpuk lagi >.<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s